Wednesday, May 17, 2006

Pentingnya menjaga keamaan rumah !!

Penting untuk semua.. menjaga keamanan saat mati lampu di rumah.

Balikpapan, 16 Mei 2006, Batu Ampar Lestari kediaman rumah keluarga saya, tepat pukul 1.30 dini hari, aku dikejutkan dengan suara Ibuku yang membangunkanku dengan perlahan. Begitu kubuka mata keadaan sangat gelap gulita, setelah kubuka pintu kamar kulihat adikku memegang stik hoki, Ayahku memegang sebilah mandau dan Ibuku tidak ketinggalan memegang Obat nyamuk semprot. Aku sangat terkejut saat Ibuku memberi tahu ada orang dari halaman luar mencoba masuk ke dalam rumah kami dengan mematikan aliran listrik dengan sengaja dari luar.

Awal kejadian ini mulai disadari oleh Adikku yang masih terjaga hingga pukul 1 malam sambil menonton TV di ruang keluarga, tiba-tiba listrik padam. Dikarenakan Balikpapan memang sering padam aliran listrik beberapa hari terkahir, adikku tidak sempat menaruh curiga, tapi anehnya setelah disadari beberapa menit kemudian, terlihat dari jendela rumah tetangga sebelah dan depan rumah kami tidak dalam kondisi padam listrik.

Tanda tanya mulai berkecamuk di benak Adikku, bila keadaan mati lampu disebabkan oleh kelebihan beban daya listrik yang digunakan, rasanya sangat tidak masuk akal. Mengingat kapasitas listrik di rumah kami cukup memadai, untuk bekerja alat elektronik secara berkesinambungan. Dan beberapa analisa singkat lainnya yang mengantarkan kepada kesimpulan, bahwa memang benar ada yang tidak beres di luar sana.

Tiba-tiba, terdengar bunyi-bunyi orang melangkah yang tidak sengaja tersandung lembaran kayu triplek di garasi rumha kami.

Langkah pertama yang dilakukan Adikku saat mulai curiga adalah mengirimkan SMS ke Ayahku yang berada di kamar sebelah, agar jangan dulu panik, memastikan alarm pintu depan dan garasi di aktifkan dengan battery karena padam listrik, kemudian setelah sirene alarm kami bunyikan dengan volume yang sangat memekakan telinga (dengan asumsi, si maling tersebut akan lari dari tempat dia beroperasi).

Selang beberapa menit kemudian, kami keluar melihat keadaan, ternyata benar. Pintu mobil kami sudah terbuka 3 pintu, untungnya tidak terdapat barang berharga di dalam mobil tersebut.

Alhamdulillah ... keadaan kembali tenang, dan kami terselamatkan dari bahaya yang tidak pernah kami duga. Hikmah yang kami peroleh adalah, menjaga keamanan dimanapun kita berada adalah sangat penting.

Kepada seluruh teman-teman yang membaca cerita saya ini, pastikan pada saat kalian sudah berada di dalam rumah pintu dalam keadaan terkunci. Mobil juga dalam keadaan terkunci, aktifkan alarm bila memungkinkan guna memberi peringatan kepada kita untuk waspada, bila ada si tangan panjang beroperasi.

Saat disadari padam aliran listrik di rumah anda, pastikan tetangga dan lingkungan sekitar juga mengalami pemadaman listrik, tetapi bila tidak lakukan alternatif lain untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Ada baiknya menggunakan emergency light yang bisa aktif secara otomatos menerangi ruangan di rumah anda pada saat padam listrik, sehingga anda dapat bergerak dengan aman.

Pastikan sambungan telepon anda tidak terputus, karena tidak menutup kemungkinan tindakan kriminal di kota-kota besar seperti perampokan, penjarahan, dan pencurian dilakukan dengan melakukan sabotase hubungan telepon dan listrik di tempat kediaman.

HP !! sebagai alat komunikasi saat ini letakkan pada jangkauan terdekat dari anda, dan jangan lupa menyimpan nomor-nomor darurat di phone book anda seperti nomor polisi, pemadam, ambulance, tetangga terdekat, pos security bial ada, sehingga anda bisa mendapatkan pertolongan segera bila dibutuhkan.

Kunci rumah, jangan biarkan tergeletak di ruang tamu atau pada posisi terpasang di pintu utama rumah anda, karena salah satu sarana memudahkan pencuri beroperasi dengan aman.

Apa lagi yaaa.... hhmmhhh gara-gara semalam jadi kurang tidur, .. euy, ya udah segitu ajah, kali aja berguna buat teman” semua.

Sekali lagi rasa syukur yang tidak terhingga kami sekeluarga, Allah jagakan kami dari mara bahaya :

“ Bismillahirrahmanirrahiim.
Allah, tidak ada Tuhan yang berhak di sembah melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”
Al-Baqarah 255

Dan cukuplah Allah sebagai pemelihara dan penjagaan atas segala sesuatu.

Posted By : Hamba Allah, Balikpapan